Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Sampai Sarjana!

Cara dapat beasiswa

Pendidikan tinggi di Indonesia semakin mahal dari tahun ke tahun. Inflasi biaya pendidikan yang mencapai lebih dari 10% setiap tahunnya telah membuat biaya kuliah mencapai angka yang tak terjangkau bagi banyak orang. Jika kita melihat 20 tahun yang lalu, biaya kuliah atau SPP mungkin hanya sekitar 2-3 juta rupiah per semester. Namun, hari ini, biaya kuliah bisa mencapai angka 20-30 juta rupiah per semester, dan ini baru untuk tingkat sarjana atau S1, belum lagi jika melanjutkan ke S2 dan S3.

Biaya kuliah bisa lebih murah atau bahkan 0 rupiah jika kita mendapat beberapa kemudahan dari program. Misalnya program bantuan pemerintah, program subsidi silang, hingga program beasiswa. Nah program beasiswa ini yang biasanya paling dicari, karena biasanya terbuka untuk semua kalangan dan cukup kompetitif melihat kompetensi calon penerimanya. Ingin tahu cara mendapatkan beasiswa kuliah sampai sarjana? Yuk simak selengkapnya!

Kenali Jenis Beasiswa

Sebelum mencari beasiswa, penting untuk memahami bahwa ada dua jenis beasiswa yang umumnya tersedia : 

a. Beasiswa Penuh

“Beasiswa penuh adalah beasiswa yang mencakup seluruh biaya pendidikan, termasuk biaya kuliah, biaya hidup, buku, dan biaya lainnya. “

Penerima beasiswa penuh tidak perlu membayar apapun selama mereka memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

b. Beasiswa Parsial

“Beasiswa parsial adalah beasiswa yang hanya mencakup sebagian dari biaya pendidikan.”

Persentase yang dicakup oleh beasiswa parsial dapat bervariasi, misalnya 70%, 50%, atau 30%, tergantung pada ketentuan penyelenggara beasiswa. Misalnya, jika kamu mendapatkan beasiswa parsial sebesar 70% dan biaya kuliah per semester adalah 2.000.000 rupiah, maka kamu hanya perlu membayar 300.000 rupiah.

Program Tryout Institut Digital Indonesia

Jika kamu ingin kuliah tingkat sarjana dengan beasiswa penuh maupun parsial, ada program Tryout gratis yang dapat kamu ikuti.

Institut Digital Indonesia adalah perguruan tinggi yang memiliki fokus memberikan akses pendidikan sarjana kepada semua kalangan, tanpa memandang usia atau jarak geografis. Institut Digital Indonesia memungkinkan kamu sebagai mahasiswa untuk berkuliah secara hybrid. Kamu akan kuliah secara online di sebagian besar perkuliahan, tapi tetap bisa berkumpul di beberapa kegiatan kampus secara offline/tatap muka.

Tryout ini merupakan kesempatan emas untuk membuktikan kemampuan kamu. Tryout akan dilaksanakan pada Minggu, 26 November 2023, dan kamu dapat mengikuti tes kemampuan dasar secara online, sehingga kamu bisa mengerjakannya di rumah atau tempat lain yang kondusif.

Baca juga :Intip Bootcamp yang Bikin Kamu Jago Tech Skill dan Siap Kerja!

Cara untuk Mendapatkan Beasiswa Institut Digital Indonesia

Untuk meningkatkan peluangmu dalam mendapatkan beasiswa dari Institut Digital Indonesia, berikut beberapa tips yang dapat kamu ikuti:

  1. Mendaftar di bit.ly/tryout_IDigital. Pastikan kamu mendaftar pada program Tryout yang diselenggarakan.
  2. Memantau update terbaru di akun Instagram resmi Institut Digital Indonesia @institutdigital.id dan MyEduSolve @myedusolve.
  3. Belajar mengenai Tes Kemampuan Dasar: Persiapkan diri dengan memahami dan berlatih soal-soal yang umumnya keluar dalam Tes Kemampuan Dasar.
  4. Pastikan kamu dapat lulus dari SMA/SMK/sederajat tahun depan, sehingga memenuhi syarat untuk menerima beasiswa.

Simple kan syaratnya? Gak banyak dokumen yang perlu dilengkapi. Tapi kamu butuh keaktifan dan komitmen di program Tryout ini.

Semoga berhasil!

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *